Selasa, 24 November 2020

MENGATASI INFINIX HOT 4 PRO X556-LTE BRICK/HARDBRICK

Kali ini kita akan membahas tentang masalah yang sering terjadi pada smartphone INFINIX HOT 4 PRO X556-LTE, menurut pengalaman saya selama menggunakan perangkat infinix hot 4 pro ini, saya beberapa kali dihadapkan dengan permasalahan yang begitu membingungkan terutama ketika terjadi HARDBRICK (gagal flash) dikarenakan gagal flash atau terdapat kesalahan dalam melakukan root.

Dalam hal Spesifikasi Infinix Hot 4 Pro-LTE (X556) dibekali dengan : 
  • Chipset Mediatek MT6737 with processor Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A53
  • Ram sebesar 2gb
  • Internal memorie 16gb
  • Kamera belakang berkapasitas 16 Mega Pixel 
  • Kamera depan 5 Mega Pixel
  • XOS android Marsmellow 6.0
  • Lebar layar 5.5 Inch, 720 x 1280 piksel
Dikarenakan rasa penasaran dan ketidak puasan saya dalam merasakan sajian dari interface XOS bawaan Infinix saya memutuskan untuk melakukan root dan dikarenakan saat itu masih sangat sedikit yang memberikan informasi tentang rooting Infinix tipe ini akhirnya saya melakukan experiment dengan menggunakan root milik tipe lain dengan chipset dan kapasitas yang sama dengan Infinix alhasil perangkat pun mengalami hardbrick dan saya putuskan untuk melakukan flashing.

Setelah bahan yang saya ambil dari situs resmi Infinix ada kejanggalan yang saya dapatkan ketika melakukan extract XOS tipe X556 yang saya download, terjadi error extract file system pada file zip yang disediakan situs resmi Infinix, beberapa hari saya mencoba dengan beberapa file lain dan semua sama terjadi ketika saya melakukan extract file zip error pada saat extract file system terjadi kembali........ dan saya putuskan untuk beristirahat beberapa hari agar mendapat solusi dan firmeware yang tidak error.

contoh error massages
contoh error massages saat extract
file hasil perkawinan 

Setelah beberapa hari saya mencoba mencari firmeware hasilnya tetap nihil, dengan keputus asaan saya mengalami kesalahan saat melakukan download firmware x556 ternyata file terakhir yang saya download adalah file firmware untuk tipe x557, dikarenakan proses download yang telah mencapai 60% saya memutuskan untuk menyelesaikan download file tersebut tanpa berani melakukan flashing kepada Infinix Hot 4 pro-lte karena saya pastikan akan gagal karna berbeda tipe rom.

1 Minggupun berlalu dan saya hampir putus harapan untuk berjuang membangkitkan Infinix Hot 4 Pro saya yang tengah koma.....!!!
sampai suatu ketika di saat lelah telah melanda otak dan fikiran, seketika saya terfikir untuk melihat error massages saat melakukan extract rom x556 dan saya dapati error massages di bagian extract file system.img dan dengan keputus asaan dan rasa nekat saya melakukan experiment untuk mengganti file system.img infinix hot 4 pro x556 dengan milik x557 ( ingat file yang kita ambil dari rom x557 hanya system.img ) dan saya lakukan flashing dengan sp flashtool.

Dengan rasa penasaran dan harapan berhasil saya lakukan dengan perasaan cemas, dan ketika proses flashing saya mulai dan berjalan tanpa kendala sembari menunggu saya bergumam harus berhasil bagaimanapun caranya.

setelah proses flashing selesai saya mencabut infinix dari komputer dan saya coba untuk menghidupkan infinix tersebut dan alhamdulillah booting terjadi dan saya merasakan kegembiraan dan rasa bangga karna experiment yang saya lakukan berhasil, meski perubahan pada tampilan system begitu terasa dibagian interface namun itu tidak menjadi masalah karna yang saya harapkan siumannya Infinix hot 4 pro saya.

hasil screenshot setelah siuman hehehe


Untuk sobat yang mengalami hal yang saya alami mungkin bisa mencoba trick yang saya lakukan dan bahan yang saya gunakan adalah :
1. rom infinix x556 (jika tidak terjadi error saat extract silahkan lanjut flashing)
2. rom infinix x557 (sebagai alternatif ketika error extract system x556 dapat kita lihat ketika melakukan extract rom x556 perhatikan error massages dengan teliti file yang error dapat kita ambil dari rom x557)

Proses flashing dilakukan seperti handphone tipe mtk lain, semoga berhasil jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komenter dibawah dan jika bermanfaat share agar dapat membantu masalah yang sama kepada teman-teman kita. terimakasih

salam Blogger.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Install TWRP redmi Note 3 pro (Kenzo) tanpa UBL

 Hallo sobat, Kali ini saya ingin membaginak tools yang mungkin bermanfaat untuk kalian yang senang melakukan root atau mengganti rom pada p...